Fast No Hustle Blog,Tips 3 Resiko Jika Filter CVT Motor Matik Lepas

3 Resiko Jika Filter CVT Motor Matik Lepas


Resiko Jika Filter CVT Motor Matik Lepas

Resiko Jika Filter CVT Motor Matik Lepas – Jika ngomongin CVT, pikiran langsung tertuju kepada motor matik. Itu sangat wajar karena CVT merupakan salah satu komponen sangat penting pada motor dengan transmisi otomatis ini. Pada CVT ini ada komponen yang tak kalah penting yaitu filter CVT. Fungsinya adalah menyaring kotoran agar tidak masuk ke bagian CVT.

Namun, tidak semua pengendara motor matik memahami pentingnya filter CVT dan tidak melakukan perawatan dengan baik. Akibatnya, filter CVT dibiarkan kotor atau bahkan dilepas. Risikonya, jika filter CVT dilepas, kinerja motor matik menjadi tidak prima lagi. Anda perlu mengenali beragam risiko jika filter CVT dilepas. Berikut ini beberapa di antaranya.

Resiko Jika Filter CVT Motor Matik Lepas

Beberapa Komponen Jadi Kotor

Resiko Jika Filter CVT Motor Matik Lepas

Namanya juga filter berarti manfaatnya adalah melakukan penyaringan. Demikian pula filter CVT, menyaring kotoran agar tidak masuk ke bagian CVT. Jika filternya dilepas, beberapa komponen pun bisa kotor. Misalnya, roller dan v-belt. Komponen-komponen yang kotor ini bisa membuat usia pakainya tidak lama, bahkan makin pendek. Ini tentu sangat merugikan diri Anda yang ingin motor awet dengan beragam komponennya berfungsi dengan baik.

Untuk itu, jangan lepas filter CVT. Rawatlah dengan baik agar komponen lainnya juga bisa awet, tidak cepat diganti. Cara ini juga bisa membuat Anda hemat pengeluaran, tidak perlu merogoh kantong dalam waktu lebih cepat hanya untuk melakukan penggantian komponen yang sudah rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Jadi, pikirlah kembali jika Anda berniat melepas filter CVT motor matik Anda.

Berisiko Muncul Getaran pada Motor Anda

Resiko Jika Filter CVT Motor Matik Lepas

Hati-hati juga jika masih nekat hendak melepas filter CVT. Beragam risiko bisa muncul, di antaranya adalah munculnya getaran pada motor Anda. Ini akan membuat kinerja motor terganggu dan Anda pun tidak nyaman saat berkendara. Getaran ini muncul karena terjadi penumpukan kotoran di daerah CVT. Hal ini sangat wajar karena tidak ada yang menyaring kotoran pada motor Anda.

Langkah terbaik, pasang saja filter CVT dan jangan dilepas. Motor matik Anda membutuhkan penyaring untuk menangkal beragam kotoran masuk ke bagian CVT. Dengan demikian, tidak akan muncul getaran yang mengganggu dan motor kesayangan dapat dikendarai dengan baik dan nyaman. Demi awetnya kendaraan yang setia menemani aktivitas, rawat saja filter CVT dengan rajin membersihkannya, dan lakukan penggantian jika sudah saatnya diganti.

Rawat Filter CVT Dan Kinerja Mesin

Resiko Jika Filter CVT Motor Matik Lepas

Anda bisa membersihkan sendiri filter CVT agar komponen ini dapat berfungsi dengan baik. Cuci saja dengan air. Nah, sebelum dipasang, pastikan filter sudah kering. Cara lainnya, periksa kondisi filter saat CVT dibongkar. Jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri, bawa motor matik andalan Anda ke bengkel resmi atau bengkel tepercaya, yang dapat menjamin kualitas hasil servisnya. Pastikan saja filter CVT berfungsi dengan baik untuk mendukung performa kendaraan Anda yang setiap hari Anda manfaatkan untuk berbagai aktivitas penting.

Selaras dengan merawat filter CVT dan komponen lainnya, tetap perhatikan kondisi mesin motor matik Anda. Kinerja mesin yang prima akan memperlancar aktivitas Anda karena kendaraan tidak mudah ngambek atau loyo. Dalam hal mesin agar terjaga performanya, gunakan oli yang tepat dan bermutu. Ini sangat berpengaruh untuk menjaga kondisi mesin tetap baik dan tarikan motor tidak berat.

Untuk hal tersebut, gunakan oli X-TEN. Selain olinya tahan lama dan membuat mesin awet, X-TEN juga bikin tarikan mesin entengnya tahan lama. Berkendara bersama X-TEN hingga jarak tempuh 5.000 km, Anda merasakan tarikan tetap enteng sehingga bisa menikmati asyiknya berkendara dengan aman dan nyaman. Oli X-TEN juga sudah mendapatkan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO) – JAPAN.

Banyak pengendara yang mengganti oli untuk kembali mendapatkan tarikan mesin yang enteng. Berbeda dengan oli lain, pengguna X-TEN akan merasakan tarikan mesin yang entengnya tahan lama, berlangsung terus sampai akhir masa pakainya. X-TEN juga mempunyai ketahanan tinggi terhadap panas, sehingga performa mesin kendaraan tetap baik pada saat temperatur mesin tinggi. Kondisi itulah yang membuat X-TEN, olinya tahan lama.

Soal keaslian olinya, X-TEN jelas terjamin karena Anda hanya bisa membeli oli X-TEN hanya di Planet Ban. Jika Anda mendapatkannya di tempat lain, maka keaslian olinya bisa kita pertanyakan. Jadi selalu gunakan oli bekualitas dari X-TEN.

Leave a Reply

Your email address will not be published.