Fast No Hustle Blog,Tips 3 Tips Memilih Oli Mesin Untuk Motor Matic

3 Tips Memilih Oli Mesin Untuk Motor Matic


Tips Memilih Oli Mesin Untuk Motor

Tips Memilih Oli Mesin Untuk Motor – Sepeda motor membutuhkan oli mesin dengan sifat yang berbeda dengan kendaraan lain. Sehingga disarankan untuk menggunakan oli mesin yang diformulasikan khusus untuk jenis sepeda motor Anda.

Ada banyak sekali jenis oli mesin yang tersedia di pasaran saat ini dan ini pasti akan membuat Anda sedikit kebingungan untuk memilih oli motor yang cocok bagi kendaraan Anda. Yang jelas Anda tetap harus memilih oli berkualitas bisa bikin mesin tahan lama dan tarikan mesin jadi entengnya tahan lama. Serta tentunya Anda juga menginginkan oli berkualitas yang olinya tahan lama juga kan.

Tidak perlu stress karena kesulitan memilih oli berkualitas, sebab tulisan ini sedikit banyak akan membantu Anda dalam mempertimbangkan oli sepeda motor mana yang cocok dengan motor kesayangan Anda.

Tips Memilih Oli Mesin Untuk Motor

Sesuaikan Dengan Mesin Kendaraan

Pertama, sebelum memilih oli mesin untuk sepeda motor Anda harus terlebih dahulu memastikan mesin kendaraan Anda tergolong mesin empat tak atau dua tak. Mesin empat tak bekerja dalam empat urutan: asupan, kompresi, tenaga, dan buang. Sementara mesin dua tak memiliki asupan dan pembuangan yang terintegrasi ke dalam gerakan kompresi piston, sehingga menghilangkan kebutuhan akan katup.

Mesin dua tak menghasilkan rasio power-to-weight yang besar, dan lebih sederhana dan lebih murah untuk diproduksi, mereka cenderung menghasilkan lebih banyak suara pada knalpot dibandingkan dengan mesin empat tak. Mesin empat tak juga lebih hemat bahan bakar dan karenanya lebih ramah lingkungan.

Perbedaan mendasar dalam cara kerja mesin dua dan empat langkah itu berarti keduanya membutuhkan jenis pelumas yang berbeda, jadi penting untuk mengetahui jenis mesin mana yang dimiliki sepeda motor Anda saat memilih oli mesin.

Perhatikan Jenis Oli

Kedua, setiap jenis oli, baik mineral maupun sintetis memiliki kegunaannya sendiri-sendiri tergantung pada jenis sepeda motor, gaya berkendara, dan iklim.

Oli mineral, seperti namanya, adalah turunan alami dari minyak mentah olahan yang memberikan perlindungan mesin yang memadai. Oli mineral relatif kurang efisien dan membutuhkan pengisian yang lebih sering. Meskipun lebih terjangkau daripada oli sintetis, mereka kurang tahan lama dibandingkan dan tekanan ekstrem pada mesin dapat menyebabkan komponen lebih cepat aus.

Oli sintetis adalah minyak dasar yang sangat halus yang memiliki tingkat kotoran lebih rendah daripada minyak mineral konvensional.

Oli sintetis juga lebih stabil secara kimiawi dibandingkan oli mineral, memungkinkan pencegahan keausan yang lebih baik di bawah tekanan tinggi seperti penggunaan yang sering atau kecepatan tinggi.

Sementara saat ini mulai dikembang oli dengan campuran bahan ester. Oli ini disebut merupakan oli base tertinggi saat ini. Oli ini memang digunakan untuk mobil atau motor yang membutuhkan kinerja lebih ekstra seperti motor dan mobil balap. Tapi tenang saja, saat ini oli ester juga sudah ada untuk motor biasa kok, Anda mungkin bisa memilih oli X-TEN sebagai salah satu merek oli berkualitas yang patut Anda coba.

Oli ester ini mempunyai kemampuan menjaga mesin dari keausan, panas berlebih dan menariknya olinya tahan lama dan bikin mesin tahan lama juga. Seperti juga pada motor balap, oli ester akan membuat performa mesin jadi entengnya tahan lama.

Perhatikan Tingkat Kekentalan Oli

Ketiga, ketahui tingkat viskositas oli atau indeks yang menunjukkan kekentalan oli. Semakin tinggi viskositas, semakin kental oli. Viskositas adalah properti fisik yang paling penting untuk dicari ketika memilih oli mesin karena menentukan kinerja keseluruhan mesin.

Hal itu dikarenakan, jika viskositas terlalu rendah, roda gigi di dalam gearbox akan saling bergesekan. Dengan gesekan terus menerus akan menyebabkan suhu oli menjadi lebih tinggi, hal ini dapat menyebabkan keausan.

Sementara oli, dengan viskositas yang terlalu tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk oli sampai ke silinder dan menyebabkan komponen penting mengalami kerusakan.

Selain viskositas, memilih oli mesin juga dapat dipengaruhi faktor lain seperti iklim dan gaya berkendara juga harus anda pertimbangkan.

Biasanya, pabrik sepeda motor anda akan memberitahu kisaran viskositas yang paling sesuai dengan kebutuhan sepeda motor Anda. Oleh karena itu penting Anda membaca dan mengikuti pedoman sepeda motor agar anda dapat mengetahui viskositas oli yang sesuai dengan sepeda motor Anda.

Dan jangan lupa gunakan selalu oli berkualitas dari X-TEN yang bisa bikin mesin tahan lama dan tarikan motor jadi entengnya tahan lama. Apalagi oli X-TEN juga terkenal olinya tahan lama karena mampu bertahan hingga 5000 kilometer, sementara oli-oli lain paling hanya bertahan di jarak 2000-2500 kilometer saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.