Fast No Hustle Blog,Service 3 Tips Servis Motor yang Aman Di Bengkel

3 Tips Servis Motor yang Aman Di Bengkel


tips servis motor yang aman

Tips Servis Motor Yang Aman – Perawatan rutin yang wajib dilakukan adalah membawa motor kesayangan ke bengkel. Tentu saja Anda jangan pilih sembarang bengkel, agar kendaraan bisa ditangani dengan baik. Apalagi sering kali biaya ke bengkel tidaklah sedikit, tidak hanya untuk biaya servis, namun juga untuk penggantian komponen yang sudah rusak atau aus. Jika tidak memilih bengkel yang tepat, sia-sialah uang yang dikeluarkan untuk perawatan motor, dengan hasil servis yang tidak maksimal.

Oleh karena itu, perlu jeli dalam memilih bengkel yang bermutu dan bertanggung jawab. Tidak harus ke bengkel resmi jika memang tidak memungkinkan, bengkel umum pun tidak kalah kualitasnya, asalkan Anda mengenal ciri-ciri bengkel yang bagus. Nah, berikut ini tips servis motor tanpa khawatir dikerjain bengkel, karena Anda bisa memilih bengkel yang tepat.

Tips Servis Motor Yang Aman

Mekanik Yang Berkualitas

tips servis motor yang aman

Setelah Anda sampai di bengkel, menjelaskan kondisi kendaraan, respons mekanik menentukan kualitas bengkel tersebut. Jika Anda sudah menjelaskan secara detail masalah yang terjadi pada kendaraan, atau hanya untuk servis rutin, mekanik yang berkualitas akan menjelaskan apa yang hendak ia lakukan. Dengan demikian, Anda memahami proses perbaikan motor Anda, termasuk berapa lama Anda menunggu hingga kendaraan selesai diservis.

Nah, bengkel yang berkualitas diisi oleh para mekanik yang menjelaskan secara detail apa yang hendak dilakukan. Termasuk jika terjadi penggantian komponen, mekanik akan berdiskusi dengan Anda. Ini merupakan proses yang menyenangkan, karena Anda bisa memperkirakan berapa duit yang harus dikeluarkan untuk perbaikan, tanpa waswas dikerjain atau kena tipu. Selama proses komunikasi dengan mekanik, Anda juga ada waktu untuk melihat kekuatan kantong Anda. Kantong tidak jebol, servis pun lancar dan efektif.

Customer Mendapatkan Garansi

tips servis motor yang aman

Bengkel yang bertanggung jawab memberikan garansi perbaikan, misalnya satu minggu. Jika dalam jangka waktu tersebut motor Anda masih bermasalah setelah diservis, Anda bisa kembali mendatangi bengkel dan melakukan komplain. Setelah itu, mekanik merespons komplain Anda dan menyempurnakan apa yang belum sempurna, yang membuat motor Anda masih bermasalah.

Tidak semua bengkel menyediakan garansi, dengan beragam alasan. Untuk itu, Anda perlu memastikan kepada mekaniknya, apakah ada jaminan untuk kembali servis gratis jika kendaraan masih bermasalah. Jika bengkel tersebut tidak menyediakan garansi atau hanya memberi waktu satu dua hari untuk komplain, Anda bisa memilih bengkel lain dengan kualitas yang lebih oke. Cara ini bisa menghindarkan Anda dari risiko dikerjain bengkel.

Komponen Bekas Servis Dikembalikan

tips servis motor yang aman

Selain menjelaskan proses servis, pengerjaannya hingga penggantian komponen, mekanik juga akan mengembalikan komponen bekas kepada Anda. Ini sebagai bukti bahwa mekanik benar-benar mengganti komponen tersebut dengan yang baru. Cara ini bisa meyakinkan Anda bahwa bengkel tersebut benar-benar bekerja sesuai dengan yang disepakati dan memperbaiki motor dengan baik, termasuk melakukan penggantian komponen secara bertanggung jawab. Hal yang juga penting, bengkel yang baik akan menyarankan Anda menggunakan komponen asli, dengan penjelasan yang detail.

Beberapa ciri bengkel dengan mekanik yang berkualitas di atas bisa Anda jadikan inspirasi jika hendak melakukan servis motor. Ramahnya personel bengkel dibarengi dengan pengerjaan yang berkualitas akan menyenangkan Anda, meski dalam waktu yang bersamaan Anda harus merogoh kocek lebih dalam demi kinerja terbaik motor kesayangan. Selama Anda nyaman dengan bengkel pilihan Anda dan tidak merasa dikerjain atau kena tipu, lakukan saja yang terbaik demi motor Anda awet dan bisa diandalkan.

Penting Anda lakukan juga, meski bengkel menawarkan pilihan komponen dengan beragam merek, tetap utamakan yang asli. Menggunakan komponen motor yang asli akan membuat kendaraan awet dan tampilannya pun oke. Selain itu, lakukan penggantian oli yang berkualitas. Ini akan melengkapi usaha Anda agar kendaraan awet dengan tidak sembarang memakai oli motor.

Oli X-TEN bisa menjadi pilihan yang tepat. Menggunakan oli berkualitas ini, Anda tidak akan merasa dikerjain karena mutunya sudah terjamin. X-TEN juga bikin mesin tahan lama.

Lapisan ester X-TEN memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran oli sehingga mesin adem, tetap bersih, bertenaga, dan hemat BBM. Berdasarkan penelitian, mesin kendaraan yang menggunakan X-TEN, dalam jangka waktu yang panjang, tingkat keausan mesinnya hanya 5-10%. Hal ini karena bahan ester khusus yang digunakan X-TEN membentuk semacam lapisan yang melindungi permukaan mesin dari gesekan. Ini juga menyebabkan kendaraan yang menggunakan X-TEN lebih hemat pemakaian BBM-nya dan yang lebih penting tarikan motor jadi entengnya tahan lama dan bikin mesin tahan lama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.