Fast No Hustle Blog,Tips 5 Tips Aman Bermotor Saat Cuaca Panas

5 Tips Aman Bermotor Saat Cuaca Panas


Tips Aman Bermotor Saat Cuaca Panas

Tips Aman Bermotor Saat Cuaca Panas – Isu pemanasan global ikut kita rasakan di keseharian. Cuaca tidak menentu. Kadang pagi hingga siang hari terasa sangat panas, mendadak di sore hari hujan deras. Semua serba tak diduga. Ramalan cuaca pun sering kali meleset. Perubahan iklim sering memicu cuaca ekstrem yang kadang mencapai suhu di atas 40 derajat, bukan main-main panasnya.

Berkendara motor di saat cuaca sangat panas tentunya tidak nyaman. Jalanan berdebu, sinar matahari terik, lumayan bikin cepat lelah baik pengendara maupun motornya. Padahal cukup banyak pekerjaan yang mengandalkan mobilitas tinggi, seperti menjadi driver ojek online, kurir ekspedisi, serta pekerjaan lapangan lain. Bagaimana caranya agar bisa tetap aman dan nyaman berkendara motor di tengah cuaca terik? Apakah bisa motor kita mesinnya tahan lama walau sering dipakai di kondisi cuaca ekstrem?

Ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan agar bermotor tetap aman dan nyaman di tengah cuaca panas ekstrem:

Tips Aman Bermotor Saat Cuaca Panas

  • Pakai jaket berpori dan baju dry fit

Jaket jadi salah satu seragam wajib para pengendara motor, agar tubuh aman dari sengatan sinar matahari dan hembusan angin yang kuat. Pilihlah jaket dengan pori-pori lebar agar bisa mendinginkan suhu tubuh. Angin akan bersirkulasi sehingga menjaga suhu tubuh agar tetap dingin, mencegah panas berlebihan yang bisa memicu dehidrasi. Di bagian dalam bisa memakai baju jenis dry fit, yaitu yang cepat kering. Agar keringat Anda mudah kering. Jika belum punya, pakailah jenis pakaian katun yang tipis dan nyaman.

  • Pakai kacamata hitam

Saat matahari bersinar sangat terik, mata terganggu oleh pantulannya. Tentu ini berpengaruh pada keamanan berkendara. Kacamata hitam akan melindungi mata Anda dari kilauan sinar matahari yang mengganggu pandangan. Mata juga menjadi tidak cepat lelah, terasa lebih adem.

  • Pakai sepatu dan sarung tangan

Hindari mengenakan sandal ketika mengendara motor, sebab bisa membuat kaki mengalami slip, dan ini berbahaya sekali. Apalagi dalam kondisi cuaca panas, di mana kaki bisa terbakar panas karena terpapar matahari berjam-jam. Pakailah sepatu yang rapat, nyaman, tidak licin. Kenyamanan kaki harus ekstra diperhatikan sebab kaki memegang peranan penting saat bermotor. Demikian juga dengan tangan, jangan dibiarkan terpapar sinar matahari. Pakailah sarung tangan khusus bermotor, agar tidak terbakar matahari dan slip karena berkeringat. Sarung tangan pun berguna untuk mencegah iritasi pada tangan akibat memegang stang dalam waktu lama.

  • Bawa persediaan minum

Cuaca panas membuat tubuh cepat mengalami dehidrasi. Bawalah minuman  berupa air putih dalam tumbler ukuran besar. Setiap merasa haus dan kepanasan, segera menepi untuk minum. 

  • Siapkan stamina motor

Motor pun perlu disiapkan staminanya sebelum melaju di tengah cuaca ekstrim. Pastikan sudah melakukan ganti oli berkala, agar mesin tidak cepat aus dan panas. 

Pakai oli motor berkualitas yang dapat menstabilkan suhu mesin, seperti X-TEN. Oli berkualitas dari X-TEN ini mampu menjaga suhu  mesin tetap stabil dan dapat mencegah overheat. Dalam kondisi panas ekstrem, suhu mesin perlu ekstra dijaga agar mesinnya tahan lama.

Oli X-TEN dengan kandungan ester ini mampu bekerja dengan sangat baik pada cuaca dan suhu ekstrim sekalipun, apalagi tingkat penguapan oli ester milik X-TEN ini sangat rendah. Sehingga olinya tahan lama dan bikin mesin tahan lama karena memiliki fungsi pembersihan terhadap kotoran-kotoran yang menempel pada dinding mesin.  

 

Mudah Anda dapat mengaplikasikan tips-tips di atas? Intinya, selain menjaga kesehatan tubuh, juga jagalah kesehatan motor. Rajin merawat motor dengan cara melakukan service rutin dan mengganti oli motor Anda dengan oli berkualitas dari X-TEN, agar Anda dapat menghindarkan motor Anda dari mogok mendadak di jalan.  Dan yang pasti, agar mesinnya tahan lama, jangan lupa untuk ganti oli secara berkala. Sangat tidak asyik kalau harus mendorong motor di tengah panas terik matahari, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.