Fast No Hustle Blog,Tips 5 Tips Aman Saat Parkir Motor, Jangan Diabaikan!

5 Tips Aman Saat Parkir Motor, Jangan Diabaikan!


tips aman saat parkir motor

Tips Aman Saat Parkir Motor – Mencari tempat parkir kendaraan belakangan ini lumayan susah. Setiap hari jumlah pengguna motor kian banyak saja. Sedangkan ruang parkir belum bertambah secara signifikan. Tentu ini menjadi celah bisnis menggiurkan bagi pemilik lahan. Di sisi lain, pemilik motor pun harus berhati-hati memarkir motor. Sudah banyak kasus curanmor akibat parkir kurang hati-hati. Jangan sampai Anda menjadi korban curanmor, sebab bisa jadi penyesalan berkepanjangan. 

Ketika sedang terburu-buru, sering terjadi kita sembarangan saja memarkirkan motor. Yang penting motor dapat parkir. Padahal ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar motor Anda bisa terparkir secara aman. Dan bagaimana sebaiknya teknik memarkir motor yang baik agar motor mesinnya tahan lama?

Tips Aman Saat Parkir Motor

tips aman saat parkir motor

  • Perhatikan lokasi parkir

Selalu pilih lokasi parkir yang aman dan bisa dipertanggungjawabkan. Dalam hal ini tempat parkir resmi menjadi andalan utama. Tempat parkir resmi berbayar biasanya mewajibkan pemeriksaan STNK, sehingga pencurian motor bisa sebisa mungkin dihindari. Bahkan tempat parkir yang ideal dilengkapi juga dengan CCTV, agar keamanan terus terpantau pihak keamanan. Hindari tempat parkir liar, sebab tidak ada jaminan apa-apa akan keamanan motor Anda. 

 

  • Arah setang ke kanan saat dikunci

Kenapa harus terkunci dalam posisi setang ke kanan? Sebab pencuri akan kesulitan untuk memasukkan kunci T, yaitu kunci yang biasa dipakai untuk membobol motor.

 

  • Pasang kunci ganda dan alarm

Setidaknya cara ini mempersulit pencuri motor untuk beraksi. Kunci ganda yang baik misalnya gembok berbahan besi. Pasang di cakram belakang atau jeruji roda belakang. Pasang pula alarm yang berbunyi jika motor didekati orang yang punya maksud jahat.

 

  • Hindari standar samping

Jika sering melakukan standar samping ketika parkir, sebaiknya dikurangi. 

Cara ini membuat motor berada dalam posisi miring dalam waktu lama, sehingga oli mesin akan berkumpul di satu bagian saja. Sirkulasi akan kurang merata apabila motor belum dipanaskan. Agar mesinnya tahan lama, sebaiknya seringlah memanaskan motor sebelum dipakai. Dan jangan lupa untuk memilih oli yang berkualitas dan punya masa pakai lama, mencapai 5.000 kilometer pada motor, seperti oli X-TEN.

 

  • Cek rembesan oli

Ketika diparkir, seringkali ada rembesan oli pada bagian depan mesin, di bawah motor. Seperti tetesan dari bocoran. Sebenarnya kondisi itu tidak terkait dengan kerusakan mesin, melainkan disebabkan oleh karet pada baut di paking head yang mengeras, membuat oli merembes keluar. Namun jika dibiarkan akan membuat oli cepat habis. Maka sebaiknya segera diganti karetnya agar olinya tahan lama, dan mesinnya tahan lama.

Dan jangan lupa selalu gunakan oli berkualitas dari X-TEN untuk motor Anda biar bikin mesin tahan lama dan tarikan mesin entengnya tahan lama. Sebab oli X-TEN mempunyai kandungan ester yang tidak dipunyai oleh oli lain. Apalagi oli X-TEN ini memiliki daya cleansing yang baik sehingga mesin menjadi bersih serta mampu bertahan di suhu panas. Dengan kemampuan ini, oli X-TEN bisa bikin mesin tahan lama dan tarikan motor entengnya tahan lama.

 

Itu tadi beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar motor aman saat diparkir, sekaligus juga menjaga agar mesinnya tahan lama. Oh ya, jangan meninggalkan barang-barang berharga di motor saat parkir. Termasuk helm, apabila dirasa harganya cukup mahal sebaiknya tinggalkan di penitipan atau Anda bawa saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.