Fast No Hustle Blog,Tips Apa Saja Jenis-Jenis Sparepart? Begini Penjelasannya!

Apa Saja Jenis-Jenis Sparepart? Begini Penjelasannya!


Apa Saja Jenis-Jenis Sparepart

Apa Saja Jenis-Jenis Sparepart – Sering dengar kata-kata di atas saat hendak membeli suatu sparepart kendaraan? Pastinya. Penjual biasa menyebutkan kata ori, OEM, aftermarket, dan kadang juga KW. Bagi pembeli yang awam, akan sedikit bingung dengan istilah-istilah itu. Dalam berbelanja kebutuhan kendaraan memang harus jeli. Agar mesinnya tahan lama, kita wajib waspada dengan jenis-jenis sparepart yang akan dipakai.

Berikut penjelasan ringkas mengenai istilah-istilah tersebut.

Apa Saja Jenis-Jenis Sparepart

  • Sparepart orisinil

Orang sering menyingkatnya menjadi ori, yaitu sparepart alias suku cadang asli yang sudah terpasang pada unit kendaraan yang Anda beli. Misalnya saat membeli motor Yamaha Mio baru, sudah terpasang semua sparepart bawaan dari Yamaha. Sparepart jenis ini tergolong yang harganya paling mahal, karena dipastikan orisinil atau asli dibuat oleh Yamaha. 

Apakah kualitasnya bagus? Ini tergantung pada rancangan, dan bahan dasar yang dipakai. Namun faktor utama dari harga mahal di sini adalah brand perusahaannya.

 

  • Sparepart OEM (Original Equipment Manufacturer)

Sparepart jenis ini harganya sedikit di bawah yang orisinil. Sebab dibuat oleh pabrik di luar produsen kendaraan yang bersangkutan. Tapi mereka sudah dipilih oleh produsen, sehingga standarnya diakui dan sesuai dengan kualitas tertentu. 

Bahkan bentuk dan bahannya pun kadang sama persis dengan yang orisinil. Hanya logo mereknya saja berbeda, karena memang beda pabrik. Mungkin sparepart jenis ini bisa menjadi alternatif jika sparepart ori sulit didapatkan.

 

  • Aftermarket

Satu level di bawah OEM adalah aftermarket. Level di sini bukan mewakili kualitas, melainkan berdasarkan keorisinilannya. Aftermarket merupakan sparepart yang diproduksi bukan oleh produsen orisinilnya maupun OEM, melainkan pihak ketiga. Tapi pihak tersebut sudah memiliki lisensi atau izin dari produsen aslinya. 

Biasanya memproduksinya dalam jumlah besar untuk berbagai merk, berbagai spesifikasi dan tipe. Kualitasnya sangat bervariasi pula. Sparepart aftermarket diminati oleh banyak kalangan karena mampu menyediakan berbagai varian yang kadang tidak tersedia versi orisinil maupun OEM-nya. 

Dari sisi harga bisa sedikit lebih miring. Hanya konsumen harus lebih teliti memilih agar produk yang dibeli bisa benar-benar sesuai dengan kebutuhannya.

 

  • Palsu alias KW

Sparepart palsu, sesuai namanya, jelas adalah produk palsu atau tiruan. Pembuatnya sama sekali tidak memiliki izin atau lisensi, bahkan tergolong ilegal. Jenis ini dikenal dengan istilah KW, kependekan dari kwalitas. Kita pernah dengan ada KW1, KW2, KW super, dan seterusnya, yang menjadi kategori atau kelas seberapa bagus kualitas produk palsu itu. Seperti apapun kategorinya, tetap saja itu sparepart palsu. 

Tidak ada standar, tidak ada jaminan apakah sparepart itu akan cocok dengan spesifikasi mesin kendaraan kita. Sekilas tampilannya mirip dengan produk OEM atau aftermarket, tapi apakah layak dipakai? Belum tentu. 

 

Sudah jelas kini mengenai istilah-istilah dalam jual beli sparepart kendaraan bermotor? Jangan pernah tertipu dengan produk palsu alias KW. Walau harganya miring sekalipun. Agar kendaraan Anda mesinnya tahan lama, pakailah produk orisinil sebisa mungkin. Apabila tidak tersedia, boleh memakai sparepart OEM atau aftermarket asal spesifikasinya harus benar-benar pas. Ingat, hindari membeli sparepart palsu. Termasuk juga oli, belilah yang orisinil. Sebab banyak juga oli palsu beredar di pasaran.

Salah satu oli yang terjamin keasliannya adalah oli X-TEN karena oli ini hanya dipasarkan melalui Planet Ban untuk oli motor dan Mobeng untuk oli mobil. Selain terjamin keasliannya, oli ini juga dapat dikategorikan sebagai oli berkualitas karena mengandung ester yang merupakan base oli tertinggi saat ini. Kandungan ester ini mempunyai beberapa keunggulan seperti olinya tahan lama, mampu memproteksi komponen mesin sehingga bikin mesin tahan lama dan mampu membersihkan mesin dari kerak-kerak sehingga membuat tarikan mesin entengnya tahan lama.

Tak hanya itu, oli berkualitas dari X-TEN ini juga sudah mendapatkan sertifikasi SNI dan JASO. Jadi pastikan Anda terus menggunakan oli berkualitas dari X-TEN dan jangan gunakan oli KW untuk menjaga performa mesin entengnya tahan lama dan bikin mesin tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.