Fast No Hustle Blog,Service Begini 4 Jenis Sistem Pendingin Pada Motor

Begini 4 Jenis Sistem Pendingin Pada Motor


Sistem Pendingin Pada Motor

Sistem Pendingin Pada Motor – Anda pasti tidak ingin motor Anda memiliki suhu mesin yang panas atau overheat, bukan? Sebab jika kendaraan Anda mengalami hal itu, tentulah akan sangat tidak nyaman bagi Anda untuk mengemudikannya.

Selain tak nyaman, motor yang keseringan mengalami overheat juga punya kecenderungan untuk mengalami masalah di kemudian hari. Bahkan bukan tidak mungkin pada titik tertentu mesinnya akan mati total.

Maka melalui artikel ini kita akan mempelajari jenis-jenis dari pendinginan mesin motor yang penting dalam urusan perawatan mesin. Memang setiap motor memiliki sistem pendinginan yang berbeda-beda, tapi secara prinsip ada kemiripan kok. Makanya yuk kita simak ya.

Sistem Pendingin Pada Motor

Menggunakan Udara

Sistem pendinginan ini paling banyak diterapkan jenis motor bebek dengan cc di bawah 125 cc. Karena kapasitas mesinnya rendah, maka masih memungkinkan menggunakan pendinginan dengan menggunakan udara alami.

Sistem pendingin sepeda motor seperti ini menggunakan sirip-sirip pendingin yang ada pada mesin motor. Sehingga sistem ini akan mulai bekerja saat motor telah berjalan. Karena memang memanfaatkan udara sebagai sumber pendingan, mesin motor jenis ini biasanya tidak ditutup sehingga aliran udara akan bekerja.

Kelebihan sistem pendingin udara ini dapat bekerja pada saat cuaca dingin maupun panas. Namun kekurangannya motor cepat sekali panas di kondisi jalan macet karena tak ada sirkulasi udara yang mengalir.

Menggunakan Kipas

Berbeda pendingin mesin yang mengandalkan udara alami, pendinginan menggunakan kipas agak lebih unggul ketika jalanan macet. Pendingin kipas ini justru bisa bekerja lebih baik saat motor dalam keadaan diam.

Karena kipas tetap mampu menciptakan aliran udara meski kendaraan tak bergerak dan proses pendinginan tetap berjalan. Sistem pendinginan dengan kipas ini banyak diadopsi oleh jenis motor matic saat ini.

Menggunakan Air

Selanjutnya adalah sistem pendinginan mesin motor yang memanfaatkan air. Mesin motor yang banyak menggunakan sistem ini biasanya adalah motor berkapasitas 150 cc ke atas. Alasannya karena proses pendinginan akan lebih cepat mengingat motor jenis ini biasanya akan lebih panas.

Cara kerja pendinginannya sebenarnya tak jauh berbeda dengan sistem pendinginan pada mesin mobil. Perbedaannya hanya pada motor tidak ada cooling fan. Hal ini bisa begitu, karena letak radiator motor biasanya di lokasi yang terkena angin sehingga cooling fan tak diperlukan lagi.

Proses pendinginannya sendiri mulai bekerja saat water coolant mengalir masuk ke ruang mesin. Cairan water coolant akan menyerap panas pada mesin dan thermostat akan terbuka, begitu terus sehingga radiator, pompa air, thermostat dan juga selang akan bekerja mendinginkan air bertemperatur tinggi usai menyerap panas mesin.

Menggunakan Oli Berkualitas

Oli merupakan alat yang bisa digunakan untuk mendinginkan mesin selain fungsi utamanya yak melumasi mesin agar tidak cepat aus. Namun selain fungsi melumasi mesin itu, fungsi kedua dari oli adalah menyerap panas yang ada dalam mesin.

Caranya oli akan bersirkulasi melalui komponen oil cooler yang bentuknya seperti radiator namun lebih kecil. Saluran oil cooler ini lalu mengelilingi mesin sama seperti saluran pada water coolant. Dari sanalah panas akan terserap dari mesin.

Kinerja mampu membuat suhu mesin tetap terjaga sekaligus mesin tetap terlumasi dengan baik. Oleh karena itu, pilihlah oli berkualitas seperti oli X-TEN untuk memaksimalkan fungsi pendinginan mesin motor Anda.

Dengan kandungan ester yang ada di dalam oli X-TEN, mesin motor Anda akan lebih terjaga karena bahan ester ini sangat terkenal dapat bekerja pada suhu yang panas serta mampu menstabilkan suhu di dalam mesin. Dengan menggunakan oli berkualitas dari X-TEN, sistem pendinginan mesin jadi lebih sempurna. Apalagi penguapan oli ester merek X-TEN ini juga sangat rendah, maka secara otomatis proses pendinginan juga akan lebih lama,

Oli berkualitas dari X-TEN ini tak hanya mampu menyerap panas dengan baik pada mesin, tapi juga mampu menghindarkan motor Anda dari bahaya overheat dan satu lagi oli ini punya kemampuan membersihkan sisa-sisa kerak pembakaran  yang menempel pada mesin sehingga mesin jadi bersih kembali. Dengan bersihnya mesin, secara otomatis akan membuat tarikan mesin entengnya tahan lama.

Itulah beberapa jenis pendinginan mesin dari panas yang berlebihan, mana yang akan Anda pilih, semua tergantung dari jenis motor yang Anda miliki. Namun untuk pendinginan dengan menggunakan oli, jelas bisa dipakai di motor jenis apapun. Karena itu ayo gunakan oli ester dari X-TEN yang sudah terbukti sebagai oli berkualitas karena sudah memiliki sertifikasi SNI dan JASO. Tunggu apalagi yuk rawat motor kita dengan oli berkualitas dari X-TEN.

Leave a Reply

Your email address will not be published.