Fast No Hustle Blog,Service Begini Cara Cek Kondisi Oli Motor Dengan Dipstick

Begini Cara Cek Kondisi Oli Motor Dengan Dipstick


Cara Cek Kondisi Oli Motor

Cara Cek Kondisi Oli Motor – Seperti kita tahu, oli atau pelumas punya peran penting dalam berkendara motor sehari-hari. Tanpa oli, mesin motor akan aus, cepat panas, dan mudah rusak. Maka pastikan selalu kondisi oli motor kita selalu bagus. 

Ganti oli jadi perawatan rutin yang tak bisa dibantah lagi. Bagaimana agar olinya tahan lama? Tentu harus rajin melakukan pemeriksaan pada bagian ini, apakah oli kita masih layak pakai? Atau masih cukup jumlahnya?

Cara paling sederhana memeriksa oli adalah dengan menggunakan dipstick, yaitu komponen berupa batangan besi berbentuk pipih. Sesuai namanya, batangan celup, maka alat ini berfungsi untuk dicelupkan ke tangki oli dalam mesin untuk mengetahui kondisi oli.

Cara Cek Kondisi Oli Motor

Cara Cek Kondisi Oli Motor

Berikut langkah-langkah memeriksa oli dengan dipstick:

  • Panaskan dulu motor apabila mesin dalam kondisi dingin. Biarkan selama 3 hingga 5 menit tanpa dijalankan. Lakukan selayaknya Anda memanaskan mesin motor.
  • Posisi motor ada di dataran rata, gunakan standar tengah. Intinya motor jangan dalam posisi miring.
  • Matikan motor, tunggu 2 sampai 3 menit. Buka tutup pengisian oli dengan menggunakan tang, dan bersihkan dengan lap.
  • Setelah bersih dan tidak ada sisa oli, masukkan dipstick hingga ke dasar dudukannya.
  • Diamkan beberapa saat, kemudian keluarkan dipstick. Cek sampai di mana cairan oli terlihat pada dipstick. Idealnya ada di antara tanda batas atas dan bawah di tangkai pengukur. Indikator batas atas dan bawah ini ada di semua jenis dipstick.
  • Apabila volume oli di batas bawah, berarti jumlahnya sudah berkurang dan harus ditambah, atau sekalian saja lakukan ganti oli. Sebab itu artinya oli sudah banyak dipakai, harus diganti yang baru agar bekerja optimal lagi.
  • Tapi jika volume oli ada di batas atas, maka itu juga tidak baik. Volume oli yang berlebihan bisa menyebabkan putaran mesin jadi berat atau terhambat. Otomatis ini berdampak pada tenaga motor yang menjadi lebih berat juga. Maka kurangilah sedikit volumenya agar mencapai batas tengah.
  • Cek juga seberapa keruh atau bening kondisi cairan tersebut. Kalau sudah terlalu keruh berarti sudah saatnya diganti.
  • Setelah selesai, pasang kembali tutupnya dengan kencang agar tidak terjadi rembesan atau kebocoran oli.

 

Mudah sekali bukan langkah-langkah untuk memeriksa kondisi oli motor Anda dengan dipstick? Hanya membutuhkan sekitar 5 menit saja untuk tahu apakah oli motor Anda masih layak pakai atau tidak. Mengetahui volume oli ini penting, sebab jika volume oli mesin tidak sesuai maka akan mengganggu proses pelumasan mesin, yang berakibat motor cepat rusak.

Jika ingin olinya tahan lama, seringlah memeriksanya dan pakai oli berkualitas yang masa pakainya tinggi seperti oli X-TEN. Oli X-TEN ini olinya tahan lama karena bisa mencapai 5.000 kilometer pada motor, dan 15.000 kilometer pada mobil. Tak hanya tahan lama, oli X-TEN dengan bahan ester dapat membersihkan mesin dari kerak-kerak sisa pembakaran dan tak hanya itu, oli X-TEN juga bikin mesin tahan lama dan tarikan mesin entengnya tahan lama. 

Jadi tunggu apalagi, ayo gunakan oli berkualitas dari X-TEN yang bikin mesin tahan lama dan tarikan mesin entengnya tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.