Fast No Hustle Blog,Tips Begini Sejarah Terciptanya Sepeda Motor Di Dunia

Begini Sejarah Terciptanya Sepeda Motor Di Dunia


sejarah terciptanya sepeda motor

Sejarah Terciptanya Sepeda Motor – Pernahkah Anda sadari, sejauh mata memandang ke jalan raya, nampak sepeda motor dimana-mana. Badan Pusat Statistik (BPS) mendata, sampai tahun 2021 ada sebanyak 115.023.039 unit sepeda motor seantero Indonesia. 

Dari sini terbukti bahwa sepeda motor sangat diminati. Kenapa? Alasan utamanya karena harga yang relatif terjangkau, mudah dimiliki. Terlebih sistem kredit semakin memudahkan siapa saja memiliki motor. Alasan lain, motor adalah kendaraan yang praktis, efisien, bisa dengan mudah menyalip sana-sini ketika terjebak macet. Tentu saja, walau begitu motor juga harus dirawat agar mesinnya tahan lama.

Siapa sebenarnya penemu sepeda motor? Bagaimana perkembangannya hingga bisa menjadi kendaraan yang paling diminati seperti sekarang? Ayo kita napak tilas sejenak mengenai sejarah sepeda motor.

Sejarah Terciptanya Sepeda Motor

  • Diawali dengan sepeda uap

Iya, jangan kaget, sepeda motor awalnya adalah sepeda uap, sebab pakai mesin uap. Dirancang oleh Sylvester H. Roper, seorang ahli teknik yang hobi sekali mengutak-atik mesin asal ​​Boston, Amerika Serikat. Sepeda uap ini diciptakan Roper pada sekitar tahun 1860, terkenal dengan nama Steam Velocipede. Sayang, sebelum sempat mengembangkan lebih jauh, pada 1896 Roper meninggal karena serangan jantung. 

 

  • Juga dikembangkan di Perancis

Di saat nyaris bersamaan, perusahaan produsen sepeda asal Perancis, Michaux ex Cie, juga mengembangkan mesin uap sebagai penggerak sepeda. Karena Roper sudah wafat, maka perusahaan ini jadi lebih terkenal. 

 

  • Disempurnakan di Jerman

Sayangnya usaha Amerika dan Perancis sama-sama disalip oleh trio asal Jerman,  Gottlieb Daimler, Wilhelm Maybach dan Nicolaus Otto. Pada tahun 1885, mereka berhasil menciptakan sepeda pertama yang digerakkan bensin. Temuan yang menjadi terobosan ini disebut dengan Petroleum Reitwagen. Tampilan fisik serta fitur pada Reitwagen ini sudah mirip dengan sepeda motor yang kita kenal sekarang. Sudah jauh lebih oke dibanding sepeda motor uap milik Roper. 

 

  • Pabrik sepeda motor perintis

Masih di Jerman, pabrik sepeda motor pertama adalah Hildebrand & Wolfmuller. Namun mereka kalah populer dengan Royal Enfield, pabrik sepeda motor asal Inggris yang mulai memproduksi motor pada 1901. Disusul kemudian dengan Triumph dan Indian pada 1902.  Dan tentu saja siapa yang tak kenal dengan Harley-Davidson asal Amerika Serikat yang muncul pada 1903 dan terus populer hingga sekarang.

 

  • Kebangkitan Jepang

Kalau sekarang merk Jepang cukup menguasai, maka itu tak lepas dari Narazo Shimazu, perancang sepeda motor pertama di Jepang. Tahun 1908, dia mendirikan Shimazu Motor Research Institute di Osaka. Di sinilah tercipta sepeda motor pertama Jepang dengan kapasitas silinder 400cc. 

 

Menarik sekali ya napak tilas sejarah sepeda motor dunia. Perjalanan pengembangannya sungguh panjang dan berliku. Beruntunglah kita sudah hidup di zaman di mana sepeda motor mudah didapat, dengan fitur teknologi canggih. 

Jika sudah punya motor, ayo, jangan lupa dirawat agar mesinnya tahan lama. Termasuk selalu lakukan ganti oli secara berkala dengan oli berkualitas milik X-TEN yang punya masa pakai panjang, 5.000 kilometer pada motor.

Oli ini memiliki kandungan ester yang tak dimiliki oli lain. Dengan oli ester ini, tarikan mesin entengnya tahan lama. Tak hanya itu, oli X-TEN ini juga bikin mesin tahan lama karena ester yang ada didalamnya berfungsi memproteksi komponen-komponen dalam mesin agar tidak bergesekan secara berlebihan. Selain itu, oili X-TEN juga mampu membersihkan mesin dari kerak-kerak sisa pembakaran dan dapat bekerja dalam suhu mesin yang tinggi sehingga suhu mesin jadi stabil.

Oli berkualitas milik X-TEN ini juga sudah mendapat sertifikasi SNI dan JASO, sehingga mutunya memang tak perlu diragukan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.