Fast No Hustle Blog,Tips Jangan Asal Pilih! Ini 5 Tips Memilih Jas Hujan Yang Aman

Jangan Asal Pilih! Ini 5 Tips Memilih Jas Hujan Yang Aman


Tips Memilih Jas Hujan Yang Aman

Tips Memilih Jas Hujan Yang Aman – Berkendara di musim hujan memang lebih ribet dibandingkan saat naik motor di cuaca yang cerah atau musim kemarau. Selain motor perlu dilengkapi beberapa fitur tambahan untuk merespons hujan deras dan kabut, Anda juga harus memakai jas hujan untuk melindungi tubuh dari guyuran air hujan. Namun, cara itu lebih baik dibandingkan Anda nekat naik motor hujan-hujanan tanpa pelindung diri yang memadai.

Pelindung diri di saat hujan yang paling populer adalah jas hujan. Beraneka macam jas hujan dijual di pasaran, dari harga yang murah hingga mahal. Anda bisa memilih dan memakai jas hujan sesuai kemampuan kantong Anda. Namun, jangan asal pakai jas hujan agar saat naik motor, Anda tetap bisa aman dan nyaman. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba agar tidak salah pilih jas hujan.

Tips Memilih Jas Hujan Yang Aman

Jangan Pilih yang Model Ponco

Tips Memilih Jas Hujan Yang Aman

Jas hujan model ponco memang populer di masyarakat. Cara pakainya memang praktis. Namun, sudah saatnya Anda meninggalkan model ini. Beralihlah ke jas hujan yang terdiri atas dua bagian, yaitu atasan dan celana panjang. Alasannya adalah demi keselamatan Anda saat berkendara. Jas hujan model ponco berisiko tersangkut di roda atau rantai motor. Ini tentu sangat membahayakan Anda saat naik motor. Jadi, jika Anda masih pakai model ponco, segera tinggalkan, dan beli jas hujan yang baru, yang ada atasan dan celana panjangnya.

Pilih yang Ukurannya Sesuai

Tips Memilih Jas Hujan Yang Aman

Seperti halnya pakaian, jas hujan pun punya ukuran masing-masing. Jangan salah ukuran, sesuaikan dengan ukuran tubuh Anda. Jika Anda salah pilih dan menggunakan jas hujan yang kekecilan, naik motor menjadi tidak nyaman. Demikian pula jika Anda pakai jas hujan kedodoran, selain terlihat lucu, berkendara pun tetap tidak nyaman. Ukuran jas hujan dan kenyamanan dalam berkendara menjadi dua hal penting yang perlu Anda perhatikan. Nah, jangan lupa, saat memilih jas hujan, pertimbangkan pula tas atau ransel yang Anda bawa, sehingga ukurannya pas, tidak kekecilan.

Pilih yang Warna Terang

Tips Memilih Jas Hujan Yang Aman

Hujan apalagi disertai kabut membuat pandangan sangat terbatas saat Anda berkendara. Demikian pula pengendara lain akan mengalami hal yang sama. Agar keberadaan Anda mudah diketahui pengendara lain, pakailah jas hujan dengan warna terang. Anda bisa memilih jas hujan yang warnanya biru muda, hijau, merah, oranye, atau kuning. Warna-warna terang ini akan memudahkan pengendara lain melihat Anda saat naik motor, sehingga potensi tubrukan di saat hujan bisa diminimalkan. Apalagi jika berkendara di malam hari, jas hujan warna terang akan memudahkan Anda dilihat pengendara lain.

Pilih yang Tebal dan Tahan Air

Tips Memilih Jas Hujan Yang Aman

Ini juga penting Anda perhatikan: gunakan jas hujan yang tebal dan tahan air. Beragam ketebalan tersedia saat Anda hendak memilih dan membeli jas hujan. Bahannya pun berbeda-beda sesuai dengan kualitas yang tersedia. Bahkan, ada jas hujan yang sangat tipis, hanya bagian atasan saja, tanpa celana panjangnya. Namun, masih banyak juga jenis jas hujan dengan bahan yang bagus, tahan air dan tebal. Jas hujan seperti ini yang sebaiknya Anda pilih dan gunakan. Apalagi jika digunakan untuk berkendara jarak jauh dan dalam frekuensi sering. Jangan asal pakai jas hujan demi melindungi tubuh Anda dari paparan air hujan, yang juga berpotensi membuat Anda sakit flu.

Jangan Pula Salah Pakai Oli

Tips Memilih Jas Hujan Yang Aman

Selain memperhatikan jas hujan, perhatikan pula oli yang Anda pakai untuk motor kesayangan. Dengan kata lain, jangan salah pilih jas hujan, jangan salah pilih pula untuk penggunaan oli. Jauhkan risiko motor mogok saat hujan, misalnya, dengan menjaga kinerja mesin tetap prima dengan memakai oli berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi motor Anda. Nah, untuk hal ini, Anda bisa memilih dan memakai oli X-TEN untuk motor andalan Anda.

Oli X-TEN yang mengandung ester, bisa bikin mesin tahan lama sehingga motor Anda tetap awet dan tahan lama. Selain itu, tarikan motor pun entengnya tahan lama. Dalam jarak tempuh hampir 5.000 km, Anda bisa merasakan tarikan tetap enteng karena performa mesin prima bersama oli X-TEN. Anda pun bisa berkendara dengan aman dan nyaman, termasuk di musim hujan, dengan tarikan kendaraan kesayangan yang enteng menerabas jalanan yang licin, penuh genangan air, dan diwarnai kabut.

Banyak pengendara yang mengganti oli untuk kembali mendapatkan tarikan mesin yang enteng. Berbeda dengan oli lain, pengguna X-TEN akan merasakan tarikan mesin yang entengnya tahan lama dan itu berlangsung terus sampai akhir masa pakainya. X-TEN juga mempunyai ketahanan tinggi terhadap panas, sehingga performa mesin kendaraan tetap baik pada saat temperatur mesin tinggi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.