Fast No Hustle Blog Lakukan 5 Tips Ampuh Saat Boncengan Naik Motor Apapun!

Lakukan 5 Tips Ampuh Saat Boncengan Naik Motor Apapun!


Tips Ampuh Saat Boncengan Naik Motor

Tips Ampuh Saat Boncengan Naik Motor – Berboncengan dengan sepeda motor memang asyik, terlebih kalau yang dibonceng adalah pacar atau pasangan. Bagi para driver ojek online (ojol), membonceng penumpang menjadi kewajiban sehari-hari. Pekerjaan ini dilakukan dari pagi hingga malam, tergantung shift yang diambil. 

Tentu akan melelahkan kalau rutenya jauh, namun sekaligus juga menguntungkan. Belum lagi jika penumpang punya bobot tubuh berlebih, ditambah bawaan lumayan banyak. 

Bagaimana trik membonceng penumpang yang aman dan bikin motor mesinnya tahan lama? Berikut ada beberapa trik yang bisa dilakukan:

Tips Ampuh Saat Boncengan Naik Motor

Tips Ampuh Saat Boncengan Naik Motor

  • Pastikan kondisi motor tetap prima

Siap menunaikan tugas sebagai pengantar penumpang? Pastikan dulu stamina motor sudah oke. Sudah isi bensin? Cek rem dan aki? Sudah ganti oli? Ini dia, mengganti oli secara berkala bisa bikin mesin tahan lama, walau sering membawa penumpang dan beban berat. 

Oli berkualitas akan menghindari aus pada mesin dan bisa menstabilkan suhu mesin. Dengan rajin ganti oli, stamina motor terjaga, dan terhindar dari mogok mendadak saat membawa penumpang.

Salah satu oli berkualitas yang patut direfensi adalah oli X-TEN. Sebab kandungan ester yang ada dalam oli X-TEN ini olinya tahan lama, tarikan mesin jadi entengnya tahan lama dan yang paling penting bikin mesin tahan lama. Karena oli ester ini mampu memproteksi mesin Anda lebih lama yakni mencapai 5000 km, sedangkan oli lain hanya 2000 kilometer saja.

Selain itu, kandungan ester dalam  oli X-TEN juga mampu membersihkan mesin lebih sempurna dan oli ini juga tahan terhadap panas. Penggunaan oli X-TEN dalam jangka waktu lama juga diungkapkan dapat melindungi mesin dari keausan hingg 5-10 persen saja. Yang jelas oli ini bikin mesin tahan lama.

 

  • Pentingnya perlengkapan safety riding 

Wajib hukumnya untuk memakai semua perlengkapan safety riding. Ini demi keamanan dan kenyamanan pembonceng maupun yang dibonceng. Helm, jaket, sarung tangan, sepatu, celana panjang. Siapkan pula jas hujan untuk berjaga-jaga. Untuk driver ojol, wajib menyiapkan helm bagi penumpangnya.

 

  • Jangan membonceng lebih dari 1 orang

Sesuai peraturan lalu lintas, motor hanya boleh dikendarai satu orang, dan satu penumpang. Lebih dari itu sudah melanggar aturan lalu lintas, Anda bisa disemprot Pak Polantas kalau ketahuan. Membonceng lebih dari satu penumpang juga membahayakan keselamatan semua pihak. 

 

  • Tidak berkendara ugal-ugalan

Patuhi semua rambu lalu lintas, berkendaralah dengan stabil dan tenang. Hindari perilaku ugal-ugalan seperti mengerem mendadak, menerobos lampu merah, berjalan zig-zag. Fokuslah berkendara, jangan ngobrol atau bercanda dengan penumpang. Ingat, keselamatan Anda dan yang dibonceng sangat penting.

 

  • Pembonceng hindari rok lebar dan duduk menyamping

Sudah sering terjadi, rok lebar dan panjang terkait pada roda dan rantai motor saat membonceng. Ini sangat berbahaya, bisa terjadi kecelakaan yang menyebabkan luka parah. Pakailah celana panjang atau rok yang tidak lebar. Untuk pembonceng wanita, duduklah menghadap ke depan, jangan menyamping. Sebab duduk menyamping berisiko terjatuh dan berakibat fatal pada keselamatan Anda.

 

Demikian tadi 5 trik yang dapat diaplikasikan saat Anda membonceng penumpang pada motor. Semoga bisa membuat perjalanan semakin aman dan nyaman. Jangan lupa untuk merawat motor agar mesinnya tahan lama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.